Selasa, 07 Maret 2017

Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan BenarAnda mungkin membutuhkan contoh surat komplain jika suatu saat ingin memberikan komplain terhadap suatu hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang sebelumnya telah dibuat. Komplain umumnya dibuat oleh pemesan/konsumen yang memesan sebuah produk/ jasa, namun ketika produk / jasa yang dipesan telah sampai ternyata diluar dugaan, produk /jasa tersebut tidak sesuai kesepakatan awal atau tidak sesuai dengan yang mereka beritahukan sebelumya.


Sebuah surat komplain dapat di buat karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, misalnya produk rusak, kualitas dari produk dibawah standar, lamanya pengiriman , dan berbagai hal yang seharusnya sama dengan kesepakatan tapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan.

Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan Benar I


Contoh Surat Komplain
PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01 Telp.(021)123456
Sukoharjo, Jawa Tengah
Email : info@mobilan.id Web :mobilan.id
-----------------------------------------------------------

No: 05/HRD/MM/XII/2016 31 Desember 2016
Lampiran : 4 lembar
Hal : komplain produk


Kepada,
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No. 321, Jakarta


Dengan hormat,
Kami selaku pimpinan PT Mobil Menggema memberikan penghargaan atas kerjasama yang telah dibagun antara PT Mobil Menggema dan PT Maju Jaya Group selaku penyedia bahan baku untuk stiker mobil selama hampir 6 bulan ini. Namun untuk kepentingan bersama mengenai dibuatnya surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan bahan baku yang perusahaan PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami. 

Sebelumnya kami ucapkan terimkasih karena bahan baku dari PT Maju Jaya Group telah sampai ditujuan pada tanggal 28 Desember dengan baik. Namun beberapa hal berikut ini harus kami sampaikan kepada perusahaan bapak/ ibu selaku pimpinan PT Maju Jaya Group, antara lain :
  1. Terlambatnya pengiriman bahan baku yang seharusnya tanggal 15 Desember sudah sampai, dan dalam kesepakatan jika mundur maka mundurnya sekitar 5 hari , tapi dalam kenyataan mundurnya sampai 10 hari. 
  2. Setelah bahan baku sampai dengan baik ke tempat kami, ternyata bahan bakunya tidak sesuai dengan kesapakatan sebelumnya, yang seharusnya bahan baku kualitas A tapi yang dikirimkan kualitas B.
  3. Jumlah bahan baku yang seharusnya berjumlah 200 kg hanya terkirim 180 kg. 
Itulah 3 hal komplain kami terkait dengan bahan baku yang PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami. Untuk selanjutnya kami mengingingkan pergantian bahan baku sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Karena dari keterlambatan dan tidak baiknya bahan baku tersebut menjadikan terganggunya proses layanan iklan mobil berjalan kami. 

Semoga kerjasama yang telah terjalin 6 bulan ini bisa berlanjut sampai habis masa kontrak kita. Berikut juga kami lampirkan berkas bukti bahan baku dan nota kesepakatan yang dilanggar. Terimakasih atas perhatian bapak/ibu pimpinan perusahaan.

Hormat kami
PT Mobilan Menggema



Hery Purnomo
Direktur Utama

Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan Benar I



CV SEKAR MAJU JAYA
Jalan Raya Soekarno-Hatta No. 123
Sekaran Gunungpati, Semarang 50229 cp: 024-08768656
e-mail: sekar.maju.jaya@gmail.com website:www.sekar.maju.jaya.co.id
_______________________________________________________

No : 040/HRD/SMJ/X/2013 10 Oktober 2013 
Lamp : -
Hal : Komplain


Kepada , 
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
CV MUTIARA GROUP
Jalan Majapahit No. 231, Surabaya


Dengan hormat, 
Kami selaku manajemen CV SEKAR MAJU JAYA mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin. Namun demi kepentingan bersama dengan surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan bahan baku yang kami pesan dari perusahaan anda. 

Bahan baku yang kami pesan sudah tiba apda tanggal 8 oktober 2013 namun kondisi bahan baku berupa serat polyester tidak sesuai dengan yang kami inginkan, dengan rician sebagai berikut: 

Kemasan mengalami kerusakan sehingga serat kotor.
Bahan baku yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang kami pesan
Bahan baku mengalami keterlambatan.Kami berharap bahwa bahan baku tersebut segera diganti mengingat proses produksi akan berhenti jika bahan baku tidak ada. Demikian surat ni kami sampaikan dengan maksud agar dikemudian hari tidak terjadi hal yang sama. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu pimpinan perusahaan.

Hormat Kami,    



CV SEKAR MAJU JAYA 



Itulah salah satu contoh surat komplain yang dapat anda jadikan referensi, jika suatu saat anda menerima produk/ jasa yang tidak sesuai dengan kesepakatan bisa menggunakan surat komplain. Semoga contoh surat komplain diatas bisa bermanfaat bagi kita. Demikianlah Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan Benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan Benar

0 komentar:

Posting Komentar